30/03/12

Cek Kesehatan Hardisk

Hardisk adalah hardware yang digunakan untuk menyimpan data.dan oleh karena itu peranannya yang sangat vital maka kita haruslah menjaga hardisk dengan baik-baik salah satunya dengan cara mengecek kesehatan hardisk bila terjadi kerusakan kita bisa mengantisipasinya dengan memindahkan data-data yang penting ke media storage yang lain.
Berikut ini ada beberapa software untuk mengecek kesehatan hardisk :  


1. Cek Kesehatan Hardisk dengan CrystalDiskInfo

CrystaliskDiskInfo merupakan hardisk monitoring yang cukup baik. Dengan cepat kita bisa mengetahui kondisi “kesehatan” hardisk saat ini, temperature dan informasi mengenai data teknis hardisk seperti kapasitas, nilai RPM, firmware, jenis interface, hingga serial number.

cek hardisk dengan crystaldiskinfo

Setelah diperiksa ternyata kondisi hardisk sudah pada tingkat “Caution” dengan temperature mencapai 48 derajat mendekati temperature alarm yaitu 50 derajat celcius.

dapat di download di http://crystalmark.info/?lang=en

2. Cek Kesehatan Hardisk dengan HDDLife
Aplikasi lain yang dapat kita gunakan untuk monitoring dan memeriksa kesehatan hardisk adalah HDDLife Pro. Aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang hardisk health status, performance, temperature dan work time

cek hardisk dengan hddlife

 silahkan download di http://hddlife.com/eng/downloads.html 

3. Cek Kesehatan Hardisk dengan Hardisk Sentinel DOS Edition (Free)
Cara berikutnya untuk memeriksa kondisi hardisk adalah dengan menggunakan Hard Disk Sentinel  DOS Edition (Free) dalam bentuk Bootable CD.yang juga terdapat pada hiren's boot cd

Di dalam hiren's boot cd tidak hanya terdapat Hardisk Sentinel tapi juga bayak aplikasi yang lain dan didalamnya juga ada Mini Windows XP dan Mini Linux yang bisa untuk booting dan masuk windows xp atau linux tanpa adanya hardisk

Gunakan CD tersebut sebagai media pertama untuk booting, aplikasi HDD Sentinel akan melakukan pengecekan pada hardisk. Sreenshootnya kurang lebih seperti gambar dibawah:
cek hardisk dengan hard disk sentinel dos edition

Beberapa parameter seperti temperature, performance, power on, dan health status akan langsung dapat kita ketahui. Untuk memudahkan kita melihat kondisi kesehatan hardisk, pada health status dilengkapi dengan background warna, yaitu hijau untuk kondisi hardisk yang baik, kuning untuk kondisi kurang bagus dan merah yang menandakan kondisi hardisk sudah rusak.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More